Apa Kata Mereka Tentang Arti Negara..

Mungkin kebanyakan orang sudah mengetahui dan sering mendengar apa dan pengertian negara. Terdapat banyak pula makna negara dari beberapa sumber yang terkemuka. Dan dalam tulisan ini, saya ingin memberitahukan apa pengertian negara menurut berbagai sumber yang saya dapatkan melalui beberapa media yang salah satunya melalui searching internet.

Dan ini lah pengertian negara tersebut.

pengertian negara menurut aristoteles : Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

pengertian negara menurut R kranenburg : Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

pengertian negara menurut george jellinek : Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

pengertian negara menurut hegel : Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.

pengertian negara menurut roger F. soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

pengertian negara menurut profesor R djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

pengertian negara menurut profesor Mr soenarko : Negara adalah suatu organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu di mana kekuasaan Negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan.

pengertian negara menurut Soepomo : Negara adalah suatu susunan masyarakat yang intergral, segala golongan, segala bagian, segala anggotanya berhubungan erat satu sama lain dan merupakan persatuan masyarakat yang organistik.

pengertian negara menurut Grotius : Negara adalah ikatan-ikatan manusia yang insaf akan arti dan panggilan hukum kodrat.

pengertian negara menurut Bodin : Negara adalah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingannya yang dipimpin oleh akal pikiran dari suatu kekuasaan yang berdaulat.

pengertian negara menurut Benedictus de Spinoza : Negara adalah susunan masyarakat yang integral (kesatuan) antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat (persatuan masyarakat organis).

pengertian negara menurut Harold J. Laski : Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian dari masyarakat.

pengertian negara menurut G. Pringgodigdo, SH : Negara adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang harus memenuhi persyaratan unsur-unsur tertentu, yaitu harus memiliki pemerintah yang berdaulat, wilayah tertentu, dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu nation (bangsa).

pengertian negara menurut O. Notohamidjojo : Negara adalah organisasi masyarakat yang bertujuan mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya.

pengertian negara menurut Dr. Wiryono Prodjodikoro, SH : Negara adalah suatu organisasi di antara kelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dengan mengakui adanya suatu pemerintahan yang mengurus tata tertib dan keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia itu.

pengertian negara menurut M. Solly Lubis, SH : Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup manusia yang merupakan suatu community dengan syarat-syarat tertentu: memiliki wilayah, rakyat dan pemerintah.

pengertian negara menurut Prof. Miriam Budiardjo : Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangannya melalui penguasaan (kontrol) monopolistis dari kekuasaan yang sah.

pengertian negara menurut Prof. Nasroen : Negara adalah suatu bentuk pergaulan manusia dan oleh sebab itu harus ditinjau secara sosiologis agar dapat dijelaskan dan dipahami.

pengertian negara menurut Mr. J.C.T. Simorangkir dan Mr. Woerjono Sastropranoto : Negara adalah persekutuan hukum yang letaknya dalam daerah tertentu dan memiliki kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kepentingan umum dan kemakmuran bersama.

pengertian negara menurut Max Weber : Negara adalah suatu masyarakat yang memonopoli penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

pengertian negara menurut Bellefroid : Negara adalah suatu persekutuan hukum yang menempati suatu wilayah untuk selama-lamanya dan dilengkapi dengan suatu kekuasaan tertinggi untuk menyelenggarakan kemakmuran rakyat sebesar-besarnya.

pengertian negara menurut R.M. MacIver : Negara adalah asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat di suatu wilayah berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberi kekuasaan memaksa.

Itulah beberapa pengertian negara yang saya dapatkan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian (para pembaca). Dan ini beberapa referensi yang saya dapatkan :

http://www.imanq.co.cc/2010/07/pengertian-negara-menurut-ahlinya.html

http://kuliahfilsafat.blogspot.com/2009/08/definisi-negara-oleh-para-ahli.html

Bila ada saran dan kritik bisa dikirim ke email saya :

agustinadwike@yahoo.com

Terima Kasih .

9 Comments »

  1. Thx Infonya

  2. makasiyh kak, postingannya sangat membantu :)

  3. Rhama Umbrielzt said

    I just wanna say thanks,
    Hmmmmnnn…. tgs dah selesai.

  4. dyana fachrurazi said

    thnk kak,,,,
    membantuu bangget postingnya…

  5. kristin said

    thkz kak

  6. kimid said

    heiiii !
    OLA, Bondia como esta?

  7. ratri kusuma said

    mks infonya

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: