JERAWAT !!

Jerawat adalah kotoran yg menempel di muka kita dan lama-lama akan membentuk bulatan kemerahan yg bila disentuh akan menimbulkan rasa sakit. Jerawat dapat timbul dan dicegah dengan berbagai langkah. Dan dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana tips mencegah timbul nya jerawat, menjelaskan makanan apa saja yg memacu timbulnya jerawat dan cara alami agar jerawat yg ada di muka kita itu dapat kempes.

Tips mencegah timbulnya jerawat:

Rajin membersihkan wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kotoran dan bakteri yang menempel di wajah. Dengan mencuci muka atau membersihkan wajah menggunakan susu pembersih dapat segera menyingkirkan kotoran dan bakteri yang ada.

Singkirkan rambut dari wajah

Rambut akan menjadi kotor dan berminyak saat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Bila rambut menyentuh wajah, maka kotoran tersebut dapat pindah ke wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat.

Cuci sarung bantal dan seprei secara teratur

Rambut yang kotor atau wajah yang tidak bersih dapat menyebabkan kuman dan kotoran berpindah di sarung bantal atau seprei saat kita menggunakan bantal. Kemudian, pada saat yang lain saat wajah menempel di bantal, kotoran tersebut kembali menempel di wajah kita.

Minum 8 gelas air sehari

Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada di tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

Menggunakan masker pencegah jerawat secara teratur.

Dengan menggunakan masker madu dan jeruk nipis. Hal ini dapat membantu menghilangkan bakteri dan minyak di wajah.

Kurangi penggunaan kosmetik

Menggunakan kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan ini membuat pori-pori tidak bernafas dengan baik. Pilihlah kosmetik yang berbahan dasar air yang dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibanding kosmetik yang berbahan dasar minyak.

Jangan pencet jerawat yang ada

Tangan yang kotor saat anda memegang dan memencet jerawat memicu meningkatnya minyak dan kotoran di wajah. Saat memencet jerawat, lapisan yang ada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat timbul semakin banyak

Saat jerawat tumbuh, pasti Anda berharap noda di wajah yang mengganggu itu segera lenyap. Agar jerawat cepat kempes, tanpa perlu membeli obat yang mahal, ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan.

1. Aspirin
Aspirin bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit, tetapi juga mencegah jerawat menjadi parah. Ambil satu butir aspirin, hancurkan hingga halus kemudian basahi sedikit dengan air hingga kental. Tampelkan cairan kental aspirin pada jerawat selama beberapa menit, hingga kering kemudian bersihkan dengan air. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan meredakan rasa sakitnya.

2. Minyak zaitun
Buatlah ramuan dengan mencampurkan 4 sendok makan garam dan 3 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah menggunakan kuas atau jari-jari Anda. Biarkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun.

Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu. Anda akan melihat perubahan nyata pada kulit wajah. Garam bisa membersihkan pori-pori dengan dengan eksfoliasi, kandungan mineralnya membuat kulit lebih sehat dan minyak zaitun bisa mengembalikan kelembaban alami kulit.

3. Pasta gigi
Anda harus menghadiri acara resmi esok hari, sementara jerawat terlihat menonjol. Gunakan pasta gigi pada malam hari dan biarkan kering hingga pagi hari. Pasta gigi membuat jerawat cepat kering dan menyerap minyak. Tetapi, sebaiknya cara ini tidak dilakukan jika kulit termasuk sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi.

Menurut penelitian di American Academy of Dermatology yaitu sebuah institusi untuk urusan kecantikan kulit mengatakan bahwa jerawat tidak disebabkan oleh makanan. Tidak ada makanan yang diharamkan tetapi ternyata sebuah hasil studi kasus yang terbaru, membuktikan hal yang bertolak belakang.

Para pakar peneliti di Colorado State University Department of Health and Exercise malah menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Institusi tersebut telah meneliti sekitar 1300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua New Guinea, yang puasa makanan manis serta makanan berkarbohidrat. Sehari-harinya mereka hanya makan ikan,buah dan daging yang dimasak secara tradisional. Hasilnya? Tidak ada satu jerawat pun yang bertengger di wajah mereka!

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah, dimana hal tersebut memicu produksi hormon androgen yang membuat kulit jadi berminyak. Jadi bagi anda yang ingin berusaha memberantas jerawat maka tidak ada salahnya anda mencoba mengurangi gula dalam darah.

Selain anda merawat wajah dari luar maka anda juga harus menjaga asupan yang masuk dalam tubuh anda. Cobalah anda kurangi gula dalam teh atau kopi anda serta mengurangi roti, kentang atau nasi pada menu sehari-hari anda. Dengan begitu wajah anda akan terbebas dari jerawat.

http://www.resep.web.id/tips/makanan-pemicu-timbulnya-jerawat.htm

http://www.resep.web.id/tips/makanan-pemicu-timbulnya-jerawat.htm

kurang lebih itu yg saya bisa share ke kalian. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Saran dan kritik bsa dikirimkan ke email saya :

agustina.dwike@yahoo.com

Terima Kasih :)

1 Comment »

  1. segi3 said

    wah banyak banget cara yang mesti dilakuakan untuk mengatasi jerawat…. gak ada yang simpel..

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: