mari mencegah rambut rontok :)

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Sedangkan pria seringkali bermasalah dengan kebotakan. Rambut Rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kita. Untuk mengatasinya, coba beberapa tips berikut ini:

1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.
Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus anda hentikan mulailah merawat dan menyayangi rambut anda agar anda tidak mempunyai rambut rontok.

2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang.
Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu (sebaiknya gunakan penyubur rambut & obat rambut rontok untuk perawatan rambut anda). Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.

3. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer.
Jika anda terpaksa menggunakannya sebaiknya pakai suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10 – 15 cm dari batang rambut. Keseringan mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut anda rusak.

4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.
Apalagi saat anda tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.

5. Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari

6. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda.
Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.

7. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus setidaknya minimal 2 minggu sekali.
Lakukan kegiatan creambat, masker dan hair spa untuk memperindah dan menyehatkan rambut anda.

Mungkin ada sering bertanya-tanya mengapa rambut anda rontok. Dan ini saya menemukan apa saja yang membuat rambt anda mudah rontok :

1. Cuci rambut setiap hari
Anda sebenarnya tidak perlu keramas setiap hari. Keramas berlebihan atau setiap hari bisa menyebabkan kelenjar sebum (minyak yg berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan) bekerja lebih keras. Hal ini membuatnya memproduksi lebih banyak minyak. Tidak hanya membuat rambut rontok, tapi juga menyebabkan warna rambut kusam, dan berminyak atau kering, tergantung kondisi rambut.

2. Menggunakan conditioner berlebihan
Untuk mencegah rambut kering, hal yang paling mudah dilakukan memang menggunakan conditioner. Tetapi, jika mengaplikasikan conditoner pada rambut secara berlebihan, justru membuat rambut mudah rapuh. Karena, beberapa conditioner mengandung protein yang membentuk rantai, dan membuat rambut rontok. Juga jangan membiarkan conditioner menempel pada rambut lebih dari 15 menit, ikutilah petunjuk pemakaianya.

3. Menyisir rambut saat basah
Saat basah adalah saat rambut paling rapuh. Menyisirnya saat basah akan membuatnya mengembang dan kemudian rontok. Jika memang harus menyisir rambut dalam keadaan basah, gunakanlah yang bergigi jarang hanya untuk merapikannya. Angin-angikan dulu sebentar sebelum menyisirnya dengan sisir bergigi rapat. Jika ingin mengeringkan dengan hair dryer, gunakanlah tangan untuk mengatur rambut.

4. Mengikat rambut saat basah menyebabkan rambut rontok
Waktu yang sempit, terkadang membuat Anda tidak sempat mengeringkan rambut, dan langsung mengikat atau menjepit rambut saat basah. Hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur karena lembab dan akan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Jika dibiarkan bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

5. Menggunakan hair dryer atau alat catok tanpa gunakan vitamin rambut
Banyak wanita yang meluruskan rambut atau blow dry langsung menggunakan alat dan ditempelkan pada rambut tanpa produk pelindung rambut, semacam pelembab. Hal ini tentu saja bisa membuat rambut menjadi kering, kusam dan mudah rontok karena panas. Gunakanlah produk pelindung rambut sebelum meluruskan atau mengeringkan rambut dengan alat. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

Kerang

Kerang juga merupakan sumber lain untuk mendapatkan seng. Seng akan berperan dalam produksi sel dan mengatur keseimbangan hormon. Kedua proses ini akan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Ada pula cara untuk mencegah rambut anda menjadi rontok secara berlebihan. Ini adalah daftar makanan yang dapat menvegah kerontokan :

Daging sapi

Daging sapi kaya akan protein, besi dan seng. Seng berfungsi mengatur kelenjar yang melekat di kantung rambut. Rambut, sebagian besar terbuat dari protein. Jadi, masuk akal kalau diet protein tinggi akan mencegah rambut rontok.

Susu

Susu bukan hanya sumber kalsium yang baik. Tetapi, susu juga kaya akan yodium, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, kulit dan kuku.

Kedelai hitam

Kedelai hitam dan kacang polong jenis lainnya merupakan sumber yang kaya akan protein dan besi.

Kacang panjang/buncis

Kacang panjang/buncis juga masih termasuk dalam keluarga kacang polong. Jenis ini kaya akan seng dan vitamin B6. Keduanya sangat penting dalam menjaga kesehatan rambut.

Telur untuk mencegah rambut rontok

Telur dan produk susu lainnya seperti yogurt merupakan cara yang baik untuk menambah jumlah protein ke dalam diet Anda. Telur kaya akan nutrisi penting seperti selenium dan magnesium.

Ikan todak (sword fish)

Ikan todak merupakan makanan yang kaya seng dan protein. Selain itu, ikan ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan.

Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C. Vitamin C membantu tubuh menyerap besi dari daging dan makanan yang terbuat dari kedelai. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Daging Semangka yang berwarna putih

Semangka ternyata bermanfaat untuk mencegah rambut rontok dan mengobati rambut rontok, caranya belah semangka lalu makan daging buah yang berwarna merah karena tidak dipakai, setelah tinggal daging buah yang putih coba oles-oleskan di kulit kepala dan rambut anda sampai rata, setelah itu tunggu beberapa menit biarkan mengering, setelah itu cuci sampai bersih agar tidak di kerumuni semut he he. Itu tadi tentang makanan untuk mencegah rambut rontok, semoga bermanfaat.

Itu lah beberapa informasi tentang krontokan rambut yang umumnya dialami pada wanita seperti saya. Semoga apa yang saya sudah tampilakan ini dapat membantu anda.

Dan inilah beberapa refrensi saya dalam membuat tulisan ini.

http://seoku.net/keluarga/kesehatan/5-penyebab-rambut-rontok/#more-538

http://www.dechacare.com/Tips-Mencegah-Rambut-Rontok-I498.html

Bila ada saran atau kritik silahkan kirikm email ke :

agustina.dwike@yahoo.com

Terima Kasih .

:D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: