I’m proud to be Indonesian

Hari ini final leg kedua antara Indonesia Vs Malaysia yang digelar di stadion Glora Bung Karno (GBK) di Senayan. Pertandingan yang ditonton lebih dari 100.000 supporter ini memang  telah ditunggu-tunnggu oleh seluruh warga Indonesia. Mereka haus akan kemenangan yang telah lama tak dicapai oleh timnas Indonesia ini.

Pertandingan dimulai pukul 19.00 WIB yang mungkin ditonton oleh seluruh penduduk Indonesia lewat layar televisi atau nonton bareng yang diadakan di daerah setempat.

Babak pertama dimulai dengan formasi yang bagus (menurut saya) memasukan Irfan Bachdim di babak awal. Babak ini diisi dengan penuh kejutan dari pemain hebat timnas kita. Beberapa kali membuat ancaman yang bahaya bagi gawang Malaysia yang digawangi oleh Khairul Fahmi. Namun tetap saja tak membuahkan hasil yang berarti.

Hampir tercipta 6 sampai 7 peluang lewat tendangan yang manis dari beberapa pemain tersebut. Selama 45 menit pertama, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk membuahkan satu angka lewat tendangan pinalti di kotak Malaysia. Sang kapten, Firman Utina yang mengambil eksekusi itu. Namun sayang sekali peluang yang bagus itu gagal dilakukan karena tendangannya yang lemah dan mudah ditangkap oleh sang kiper Malaysia. Dan Indonesia pun tak dapat menggolkan ke gawang lawan.

Babak pertama selama 45 menit pun usai. Lanjut dengan babak kedua sampai dengan menit ke 90. Malaysia memakai sistem bertahan yang amat baik untuk mempertahankan agregat mereka.

Beberapa menit kemudian setelah babak kedua berlangsung, tim lawan berhasil menggolkan ke gawang Indonesia yang digawangi oeh Markus Horizon. Supporter Indonesia mulai kecewa akan hasil yang didapat oleh Malaysia pada saat itu. Agregat Malaysia menjadi 4-0 dan semakin sulit untuk dikejar.

Namun selalu ada harapan dibalik rasa kecewa itu. Supporter Indonesia tak pernah henti menyanyikan lagu garuda di dadaku yang dipopulerkan oleh Netral untuk menunjukan kecintaan mereka kepada Indonesia ini.

Menit ke 72 Indonesia menggemparkan seluruh supporter di Gelora Bung Karno dengan goal yang diciptakan oleh Nasuha yang memiliki postur tubuh kecil. Dan tak lama dari itu, Indonesia berhasil mengangkat agregat mereka menjadi 4-2 di menit 88 oleh tendangan Ridwan.

Waktu tambahan diberikan selama 4 menit. Namun tetap saja tak membuahkan hasil.

Indonesia kalah agregat dengan Malaysia. Kalah secara terhormat karena semuanya berjalan dengan jujur dan tak ada kecurangan dalam bentuk apapun.

Namun kita semua tak pernah kecewa dengan hasil ini. Kami bangga. SANGAT BANGGA dengan point yang berhasil dicetak oleh timnas Indonesia di menit terakhir dan mampu menggoyangkan seluruh euphoria penonton pada saat itu.

Untukmu Firman Utina, Bambang Pamungkas, Arif Suyono dan kawan-kawan,

Saya bangga dengan kalian. Bangga sekali akan timnas Indonesia yang dapat membuat seluruh penduduk Indonesia seperti bersatu lagi. Berkat kalian, kita semua turun menjadi satu. Tak pandang bulu, tak pandang status, tak pandang kekayaan dan tak pandang ras. Sepeti Bhineka Tunggal Ika yang berbeda-beda tetap satu jua.

Terima kasih atas segala jerih payah kalian untuk membuat Indonesia masuk ke babak final dan meningkatkan derajat Indonesia di mata Asia dan di mata dunia umumnya.

Sudah lama sekali Indonesia merindukan saat-saat ini. Merindukan ke-nasionalisasi kita seperti ini. Merindukan seluruh penduduk Indonesia menjadi satu seperti pada tanggal 29 Desember 2010 ini.

Saya tak kecewa akan ketidak juaraan kita ini. Saya bangga sekali Indonesia menjadi pemenang runner-up dengan cara yang benar. Terima kasih supporter Indonesia yang sangat rapi hari ini. Seomoga Indonesia akan tetap selalu jadi seperti ini. Menjadi Indonesia Raya seutuhnya.

Saya tetap bangga menjadi penduduk Indonesia. And never regreat to be Indonesian.

I ♥ YOU TIMNAS DAN GARUDA KU !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: