TUGAS METODE RISET 1

Analisis JURNAL 1

Tema : Pengaruhbrand Image terhadap konsumen

Judul : PENGARUH PRODUCT IMAGE TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA CELANA FORMAL MEREK CARDINAL

Tahun : 2008

Latar Belakang :

Dengan bertambah maraknya dunia fashion di Indonesia akibat semakin banyaknya mode-mode fashion, maka dapat melengkapi masyarakat Indonesia daiam hai memiiih baju atau celana yang akan dipakainya. Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, jenis pakaian yang senantiasa mengikuti akan keinginan konsumen lebih diminatj, oleh sebab itu hal ini mendorong pertumbuhan industri-industri garmen untuk dapat memenuhi keinginan konsumennya, sehingga banyak bermunculan produsen-produsen baru dan industri yang mendorong tingkat persaingan.

Dengan adanya persaingan tersebut, maka dapat memberikan manfaat yang positif pada masyarakat Indonesia yaitu dengan tersedianya berbagai macam pilihan merek, ukuran, bentuk dan harga sehingga memberikan banyak alternatif daiam menentukan suatu pilihan. Citra merek atau produk yang paling ia ingat dan ia yakini baik yang akan ia pilih. Dalam hal ini citra atau merek memegang peranan cukup penting, oieh karena itu saat ini banyak perusahaan saling bersaing mempengaruhi para calon pembeli untuk memiiih produk mereka dengan berupaya melakukan promosi, dengan jalan : periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, usaha penjualan, pemasaran langsung.

P.T. MULTI GARMENJAYA didalam memproduksi celana merek Cardinal senantiasa melihat akan kebutuhan para konsumennya, misalnya bentuk atau desainnya, pilihan warna, kualitas atau mutu yang baik, serta harga yang tidak terialu mahal dan juga jaringan distribusi yang luas.
Dengan memperhatikan hal tersebut, maka perusahaan P.T. MULTI GARMENJAYA didalam memproduksi celana dengan merek Cardinal diharapkan dapat memenangkan persaingan.

Masalah :

Bagaimanakah PT.MULTI GARMENJAYA dapat menarik minat pelanggan atau masyarakat atau konsumen dengan brand image yang ia miliki? 

Tujuan Penelitian :

Tanggapan Responden Terhadap Product Image dart Celana Format Merek Cardinal PT. MULTI GARMENJAYA

Analisis JURNAL 2

Tema : Pengaruh brand Image terhadap konsumen

Judul : HUBUNGAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS BANK MUAMALAT INDONESIA PALEMBANG)

Tahun : 2008

Latar Belakang :

Sekarang diawal tahun 2008, kondisi ekonomi bangsa masih belum bangkit dari krisisnya. Hampir sepuluh tahun semenjak krisis moneter, Indonesia belum bisa memberikan kesejahteraan untuk rakyatnya secara baik. Memang ada beberapa pencapaian di beberapa bidang kehidupan, namun belum mampu mendorong terjadinya perbaikan kesejahteraan rakyat secara signifikan. Perbaikan makroekonomi memang terjadi, namun umumnya hanya menyenangkan beberapa kelompok saja, meskipun diakui kondisi makroekonomi yang membaik mendukung upaya pemerintah menata ekonomi.

Salah satu kegiatan usaha yang paling dominan dan sangat dibutuhkan keberadaannya didunia ekonomi dewasa ini adalah kegiatan usaha lembaga keuangan perbankan secara umum dan lembaga keuangan syariah secara khusus. Fungsi perbankan sebagai lembaga intermediasi sangat berperan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Bank Muamalat Indonesia (BMI) sebagai Bank Syari’ah pertama di Indonesia berdiri tahun 1991 dan mulai beroperasi tahun 1992 dengan modal awal 190 miliar rupiah. Ketika krisis ekonomi tahun 1998, BMI mengalami kerugian sebesar 105 miliar rupiah. Ekuitas mencapai titik terendah, yaitu 39,3 miliar rupiah, kurang dari sepertiga modal setor awal (www.muamalatbank.com).

Kini BMI telah menjadi bank syariah terkemuka di Indonesia dengan jumlah aktiva sebesar 5,2 triliun rupiah, modal pemegang saham sebesar 269,7 miliar rupiah serta perolehan laba bersih sebesar 48,4 miliar rupiah pada tahun 2004. Untuk BMI Cabang Palembang, laba yang berhasil dibukukan pada tahun 2007 sebesar7,52 miliar rupiah atau meningkat sebesar 342% dari tahun 2006 (Republika, 2008).

BMI sejak pendirian telah mendapat banyak penghargaan dari berbagai lembaga

Masalah :

Seberapa besarkah pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa perbankan khususnya Bank Muamalat Indonesia (BMI)?

Tujuan Penelitian :

Dengan penelitian ini, masyarakat dapat mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen.

Analisis Jurnal 3

Tema : Pengaruh brand Image terhadap konsumen

Judul : Pengaruh brand image Airplane system terhadap keputusan konsumen

Pengarang : Universitas Widyatama

Latar belakang :

Brand image akan menjadi prioritas utama yang dijadikan acuan bagi konsumen sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat menciptakan suatu merk yang menarik dan menggambarkan manfaat produk sesuai dengan keinginan konsumen sehingga konsumen memiliki perspektif yang positif. Brand image yang baik akan memberikan dampat pisitif kepada masyarakat dan akan memberikan kesan positif terhadap perusahaan.

Airplan system merupakan salah satu dari perusahaan yang memprakarsai munculnya distro atau clothing. Di bandung nama airplane sudah dikenal oleh masyarakat setidaknya di Indonesia, Malaysia, dll. Sebagai pemrakarsa, banyak distro lain yang mengikuti dari segi harga atau segi desain. Tetapi saat ini, Airplane masih menjaga brand image nya agar tetap berkualitas dan tidak pasaran.

Masalah :

Bagaimana pendapat konsumen mengenai brand image dari Airplane System?

Bagaimanakah pengaruh brand image Airplane system untuk konsumen?

Tujuan Penilitian :

Untuk mengetahui keputusan konsumen melalui brand image Airplan System dan untuk mengeahui seberapa besarkah pengaruh bran image Airpaln System di berbagai kalangan?

JURNAL BARU

Tema : Pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen

Judul : Pengaruh brand Image kartu seluler simPATI terhadap keputusan konsumen

Latar Belakang :

Indonesia merupakan negara yang mempunyai jumlah penduduk yang cukup besar, dengan jumlah penduduk yang cukup besar itu Indonesia menjadi daerah pemasaran produk barang dan jasa yang cukup berpotensial bagi perusahaan-perusahaan. Berbagai perusahaan mencoba memasarkan berbagai jenis produk barang dan jasa yang diciptakannya., mulai dari makanan, minuman, kesehatan ataupun produk untuk berkomunikasi.

Salah satu yang bermunculan seperti disebutkan diatas adalah produsen kartu seluler, yang merupakan produk salah satu dari produk jasa. Kartu seluler sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama sebagai alat komunikasi  yang hanya dapat digunakan oleh ponsel atau handphone.  Berbagai kartu seluler telah dikenal oleh masyarakat seperti kartuHALO, kartuAS, simPATI, Jempol, Bebas, Mentari, IM3 dan sebagainya. Dengan adanya berbagai merk kartu seluler, maka berdampak pula pada ketatnya persaingan untuk mendapatkan konsumen.

Perusahaan yang ingin bertahan lama di pasar, sebaiknya mengalokasikan biaya untuk pembentukan citra merk (brand image). Hal ini karena dengan memiliki merk yang kuat dan dikenal luas oleh konsumen merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Seperti halnya merk simPATI yang dikenal oleh konsumen. Dari hasil pengamatan, simPATI terkenal sebagai merk kartu seluler yang diakui memiliki kualitas dengan patokan harga yang relative lebih mahal dibandingkan kartu seluler yang lain. Dari sini dapat dilihat bahwa simPATI dalam menghadapi kompetisi dengan kompetitornya tidak dengan menawarkan harga yang lebih murah, namun lebih menjual kualitas dengan mengendepankan kekuatan merk yang dimilikinya, sehingga dapat meyakinkan konsumen.

Masalah :

Bagaimana kah perusahaan yang lain dapat berkompetisi dengan kompetitor lainnya yang sama-sama menawarkan kualitas yang baik dengan melalui brand image?

Tujuan Penelitian :

Agar konsumen dapat lebih cermat memilih kartu seluler bukan hanya dari harganya yang murah. Namun dengan membandingkan dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan oleh kartu seluler itu. Sehingga konsumen dapat memilih produk secara kompetitif.

Refrensi :

www.google.com

http://jurnalskripsi.com/

http://thewinnerlife.multiply.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: