TUGAS METODE RISET IV


BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Teori

Citra merek

Supaya dikenal oleh pasar, merek harus memiliki identitas. Identitas merek adalah seperangkat sosial yang unik yang ingin diciptakan dan dipelihara oleh masyarakat. Tujuannya adalah untuk menciptakan citra merek. Kalau gambaran merek diperoleh, maka merek sudah hidup dalam pemikiran konsumen. Kalau tidak merek hanya merupakan sesuatu yang mati, yang tidak punya aura atau kekuatan atau mempengaruhi konsumen (Simamora, 2003: 62)

Pengertian citra merek menurut Kotler dalam Simamora (2003: 63) adalah sejumlah keyakinan tentang merek. Sedangkan Aaker dalam Simamora (2003: 63) menganggap citra merek  sebagai “bagaimana merek dipresepsikan oleh konsumen” . Berkenaan dengan persepsi, menurut Davis (Simamora, 2000: 21) , seperti halnya dengan manusia, merek juga bisa digambarkan sebagai kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb) atau frase (phrase).

Citra merek mepersentasikan keseluruhan persepsi terhadap merek dan dibentuk dari informasi dan pengalaman terdahulu terhadap merek. Kotler dan Fox (Setiadi, 2003: 180) mendefenisikan citra merek sebagai jumlah gambaran-gambaran, kesan-kesan dan keyakinan-keyakinan yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu objek.

Citra merek berhubungan dengan sikap yang berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan dan preferensi terhadap suatu merek. Konsumen dengan citra positif terhadap suatu merek, lebih memungkinkan untuk  melakukan pembelian oleh karena kegunaan utama dari iklan diantaranya adalah membangun citra positif terhadap merek (Setiadi, 2003: 180)   

2.2 Hipotesis

faktor-faktor yang mempengaruhi citra merk (brand image) produk AQUA terhadap mahasiswa     Universitas Gunadarma.

Dari penelitian yang telah diamati terdapat beberapa faktor mengapa kebanyakan mahasiswa Universitas Gunadarma sebagai berikut :

  1. Brand image yang sudah sangat melekat kepada mind set konsumen
  2. Harga yang relatif terjangkau di kalangan mahasiswa
  3. Kemasan
  4. Selera konsumen
  5. Mudah didapatkan
  6. Air yang jernih

Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah :

 H1 : Ada pengaruh citra merk AQUA terhadap keputusan pembelian

Sedangkan Ho adalah tidak ada pengaruh citra merk dalam keputusan pembelian

2.3 Pengembangan Hipotesis

Pengaruh faktor-faktor mengapa kebanyakan mahasiswa cenderung memilih air mineral AQUA dibandingkan yang lain yaitu meningkatnya produk AQUA yang diproduksi kan oleh PT.DANNON. Bahkan saat ini, semua air mineral dapat disebut dengan produk AQUA karena terkenalnya citra merk yang dimiliki oleh AQUA. AQUA pun memilik berbagai kemasan yang diciptakan untuk memudahkan para konsumen untuk menikmati air mineral ini. Dengan kemasan botol atau pun gelas dengan harga yang sangat terjangkau. AQUA pun diminati oleh para masyarakat umumnya dan mahasiswa universitas Gunadarma umumnya karena memiliki citra rasa yang berbeda dari produk air mineral yang lainnya. Airnya yang jernih juga sangat berpengaruh pada kepuasan konsumen dalam meminumnya.

2.4 Tinjauan Penelitian Terdahulu

Widianto (2005) skripsi : “Analisis Periklanan Terhadap Citra Merek Sepeda Motor Honda pada mahasiswa reguler Manajemen Reguler USU”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui periklanan berpengaruh positif dan sinifikan terhadap citra merek sepeda motor Honda pada mahasiswi MANAJEMEN FE USU.

Hasil dari data analisis primer dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukan bahwa periklanan (X) berpengaruh positif terhadap citra merek (Y)pada mahasiswa manajemen USU dengan nilai koefisien regresi Y =11.381+0,649x. Selanjutnya dari uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 8,035 lebih besar dari tabel t 1,671. Hal ini mengartikan bahwa variabel bebas berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat dan variabel yang ditimbulkan oleh variabel bebas itu adalah positif.

2.5 Metode Analisisi Data

a. Metode Deskriptif

Analisis metode deskriptif yaitu metode penganalisisan data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mengklasifikasian, menganalisa dan menginterprestasikan data sehingga dapat memberikan gambaran jelas mengenai masalah yang dihadapi (Sugiyono, 2003: 142)

b. Metode Statistika

Analisis regresi yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas yaitu media televisi (X1) dan media majalah (X2) terhadap variabel terikat yaitu citra merek air mineral AQUA (Y).

Dalam melakukan analisis kuantitatif peneliti menggunakan software SPSS versi 12.00 dengan rumus sebagai berikut :

Y = a + b1X1 + b2X2 + e

Dimana :

Y              = Pengaruh citra merek

a              = konstanta

X1            = Skor pengaruh media televisi

X2            = Skor pengaruh media majalah

b             = koefisien regresi berganda

e             = Standard eror

c. Uji t

Untuk melihat pengaruh variabel indepen (x) terhadap variabel citra dependen (Y), maka dalam hal ini peneliti menggunakan uji t dua sisi. Sedangkan bentuk pengujiannya adalah sebagai berikut :

Ho : b1 = 0

Artinya, tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y).

Ho : b1 > 0

Artinya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel periklanan (X) terhadap variabel citra merek air mineral AQUA (Y). Kriteria pengambilan keputusan dengan tingkat kesalahan sebesar 5%:

–          Ho diterima apabila thitung < ttabel

–          H1 diterima apabila thitung > ttabel

d. Uji signifikan simultan (Uji – F)

Uji – F pada dasarnya menunjukan apakah semua variabel yang dimasukan dalam mempunyai model mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel terikat.

Ho = b1 = b2 = 0

Artinya secara bersama-sama tidak berpengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

H1 ≠ b1 ≠ b2 ≠ 0

Artinya secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y).

Kriteria pengambilan keputusan :

–          Ho diterima jika Fhitung  < Ftabel pada α = 5%

–          Ha diterima jika Fhitung > Ftabel pada α = 5%

e. Koefisien determinasi (R2)

Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel periklanan (X) terhadap variabel citra merek AQUA (Y). Jika nilai R2 mendekati satu (1) semakin kuat pengaruhnya, sebaliknya jika R2 mendekati nol (0) maka semakin lemah pengaruhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: