METODE RISET V

Bab III

Metodologi Penelitian

3.1 Model Penelitian

A.  Variabel periklanan (X)

                      Yaitu persepesi mahasiswa manajemen FE Universitas Gunadarma terhadap iklan air  mineral (AQUA) yang ada di media televisi (X1) atau media majalah (X2).

B. Variabel citra merek (Y)

                      Yaitu bagaimana mahasiswa manajemen FE Universitas Gunadarma mempersepsikan citra merek dari AQUA.

3.2 Data dan Variabel

Media Televisi (X1) : pesan iklan air mineral AQUA yang ada di televisi yang menggambarkan atribut dan manfaat AQUA. Indikator dari media televisi ini adalah menggambarkan kualitas produk, menggambarkan citra yang baik, menggambarkan keunggulan produk dan menggambarkan higienitas produk. skala pengukuran : Skala likert 1-5

Media Majalah (X2) : pesan iklan air mineral AQUA yang di yang ada di majalah yang menggambarkan atribut dan manfaat AQUA. Indikator : menggambarkan kualitas produk, menggambarkan citra yang baik, menggambarkan keunggulan produk dan menggambarkan higienitas produk. skala pengukuran : Skala likert 1-5

Citra Merek (Y) : yaitu bagaimana mahasiswa mempersepsikan citra merek dari air mineral AQUA. Indikator: kualitas produk, standar produk, pesaing dan higienitas produk. Skala pengukuran: skala likert 1-5

3.3 Teknik Pengumpulan Data

Pada penelitian ini terkait yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara tertulis kepada mahasiswa yaitu dalam bentuk kueisoner. Kuesioner yang telah disusun yang diberikan alternatif jawaban bagi responden untuk menjawabnya.

3.4 Sumber Data

a. Data primer

      Yaitu data yang diperoleh atau dengan survei lapangan yang menggunakan semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kueisoner untuk memperoleh data dari para responden.

b. Data sekunder

      Yaitu data yang telah dikumpulkan oleh lembaga pengumpul data. Untuk memperoleh data sekunder, peneliti melakukan studi pustaka, penelaan majalah-majalah dan internet.

3.5 Tahapan Penelitian

 

  • Meneliti suatu objek
  • Membuat kuesioner
  • Membagikan kuesioner tersebut kepada para responden
  • Mengumpulkan kuesioner
  • Mengolah datanya menjadi sebuah laporan

 

3.6 Sampel dan Populasi

Populasi pada penelitian yakni mahasiswa manajemen angkatan 2005-2006 berjumlah 483orang mahasiswa, sedangkan sampel yang diambil sebesar 20% dari jumlah populasi tiap angkatan. Jumlah tersebut mewakili menurut Arikunto (2002:115).

Metode penarikan sampel menggunakan sampling aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: