METODE RISET VI

Bab IV

Analisa dan Hasil Penelitian

Pada penelitian digunakan 2 metode untuk menganalisa data primer yang telah diperoleh, yakni metode analisa deskriptif dan metode analisa statistik. Metode analisa deskriptif dalam penelitian ini merupakan uraian atau penjelasan dari hasil pengumpulan data primer yang berupa kuesioner yang telah diperoleh dari responden penelitian. Sedangkan metode analisa statistik , selain untuk menguji uji validitas dan reabilitas dari kuesioner, metode analisa statistik juga digunakan untuk melakukan analisa regresi berganda.

  1. Analisa deskriptif

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Dari kuesioner tersebut

diperoleh gambaran umum mengenai karateristik responden. Karateristik tersebut meliputi jenis kelamin dan umur.

A.1 Karateristik berdasarkan umur

                Diketahui bahwa kategori umur yang paling banyak diteliti adalah umur 20 tahun sebanyak 48 orang responden atau 49,98%. Untuk kategori umur paling sedikit adalah umur 24 tahun sebanyak 2 responden atau sekitar 2,06%.

A.2 Karateristik berdasarkan jenis kelamin

                Berdasarkan data-data pada kuesioner yang telah disebar oleh peneliti kepada 96 orang responden, diperoleh data mengenai jenis kelamin responden penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penelitian ini jumalh responden perempuan lebih banyak yakni 74 responden atau 76,29% jika dibandingkan dengan responden laki-laki yaitu sebanyak 23 orang yaitu 23,71%.

  1. Analisa Statistik

Sebelum kuesioner disebar kepada para responden untuk menjadi sumber data yang baik, perlu diuji layak atau tidak untuk digunakan dalam mengumpulkan informasi bagi penelitian ini. Sehingga data yang diperoleh dari responden dapat digunakan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti mengadakan pra-survei terhadap 30 orang responden untuk menguji kelayakan pernyataan-pernyataan yang akan digunakan dalam penelitian. Kriteria keputusan pengambilan keputusan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui validitas pada setiap butir pernyataan dalam kuesioner

–          Jika r hitung > r tabel maka pernyataan itu valid

–          Jika r hitung < r tabel maka pernyataan itu tidak valid

  1. Untuk mengetahui reliabilitas kuesioner:

–          Jika r alpha > r tabel maka pernyataan tersebut reliabel

–          Jika r alpha < r tabel maka pernyataan tersebut tidak reliabel

Peneliti menggunakan tingkat kesalahan sebesar 5% dan derajat bebas (df) = jumlah butir pertanyaan – 2. Pada uji validitas dan reliabilitas kuesioner dalam penelitian ini diperoleh df = 18-2= 16, maka r reliabel (0,05:16) = 0,468.

B.1 Analisis Regresi Linear Berganda

                Analisis regresi linear berganda digunakan untuk mengadakan prediksi nilai dari variabel citra merek air mineral AQUA (Y) pada mahasiswa jurusan ekonomi universitas Gunadarma dengan ikut memperhitungkan nilai variabel pada media periklanan melalui media televisi (X1) dan variabel media periklanan melalui media majalah (X2), sehingga dapat diketahui pengaruh positif dan negatif media periklanan melalui media televisi dan majalah terhadap citra merek AQUA pada mahasiswa jurusan ekonomi universitas Gunadarma. Model yang persamaan yang digunakan adalah

Y= a + b1x1 + b2x2 + e

Berdasarkan dari persamaan tersebut diperoleh persamaan regresi linear berganda:

Y = 5,597 + 450X1 + 0.401 X2 + e

dari persamaan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Konstanta (a) 5,597 menunjukan harga konstanta, dimana jika variabel X1 dan X2 = 0 maka citra merek (Y) + 5,597
  2. Koefisien X2 (b2) = 0,401 menunjukan bahwa variabel periklanan melalui media majalah (X2) berpengaruh positif terhadap citra merek air mineral AQUA. Dengan kata lain, jika periklanan melalui media majalah air mineral AQUA lebih ditingkatkan sebesar satu satuan maka citra merek terhadap air mineral AQUA akan bertambah sebesar 0,401.

BAB V

Saran dan Kesimpulan

Berdasarkan penelitian diatas, maka peneliti menarik kesimpulan atas penelitan yang telah dilakukan kepada mahasiswa FE universitas Gunadarma semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan semua pihak yang berkepentingan dalam meningkatkan upaya persepsi citra merek air mineral AQUA di masa yang akan datang.

5.1 Saran

–          Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel x1 lebih dominan mempengaruhi citra merek AQUA, maka peneliti menyarankan kepada produsen air mineral AQUA untuk meningkatkan iklannya di televisi dengan menambah inovasi di iklan tersebut agar para konsumen tidak jenuh untuk menontonnya. Dan agar vair mineral AQUA dapat lebih melekat kepada mind set para konsumen di masa yang akan datang.

5.2 Kesimpulan

–          Dari hasil pengamatan yang telah diteliti menggunakan regresi linear berganda Y=5,597 + 0,450×1 + 0,401×2 + e dan uji t yang diperoleh untuk variabel periklanan melalui media televisi dan media majalah.

–          Dari hasil hipotesis sementara yang didapat oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa media televisi dan media majalah berpengaruh signifikan yang positif dalam meningkatkan citra merek AQUA di kalangan konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: