Corporate Social Responsibility pada PT. Semen Gresik, Tbk

Penerapan CSR di Indonesia

Sebagaimana yang telah dikemukakan, bahwa konsep mengenai CSR mulai hangat dibicarakan di Indonesia sejak tahun 2001 dimana banyak perusahaan maupun instansi – instansi sudah mulai melirik csr sebagai suatu konsep pemberdayaan masyarakat. Sampai saat ini, perkembangan tentang konsep dan implementasi csr  pun semakin meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Pelaksanaannya pun semakin beranekaragam, mulai dari bentuk program yang dilaksanakan, maupun dari sisi dana yang digunakan untuk program tersebut. Contoh kegiatan untuk program csr yang dilakukan oleh perusahaan antara lain, pemberian bantuan langsung bagi korban bencana, pemberian modal usaha, sampai pada pembangunan insfrastruktur, seperti pembangunan sarana olah raga, sarana ibadah maupun sarana umum lainnya yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat.

http://wisnu.blog.uns.ac.id/2009/11/26/corporate-social-responsibility-sebuah-kepedulian-perusahaan-terhadap-lingkungan-di-sekitarnya/

PT. SEMEN GRESIK (PERSERO) Tbk.

PT. Semen Gresik, Tbk

PT Semen Gresik (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri semen. Diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun. Pada tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat. Sampai dengan tanggal 30 September 1999 komposisi kepemilikan saham berubah menjadi Pemerintah RI 15,01%, Masyarakat 23,46% dan Cemex 25,53%. Pada Tanggal 27 Juli Juli 2006 terjadi transaksi penjualan saham CEMEX S.S de. C.V pada Blue valley Holdings PTE Ltd. Sehingga komposisi kepemilikan saham sampai saat ini berubah menjadi Pemerintah RI 51,01%, Blue Valley Holdings PTE Ltd 24,90%, dan masyarakat 24,09%.Saat ini kapasitas terpasang Semen Gresik Group (SGG) sebesar 16,92 juta ton semen per tahun, dan menguasai sekitar 46% pangsa pasar semen domestik.

Corporate Social Responsibility (Employee)

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Pelaksanaan peningkatan kesadaran mengenai kesehatan kerja dilakukan dengan memberikan pendidikan, pelatihan, konseling, pencegahan dan pengontrolan terhadap risiko terjangkitnya PAK, PAHK, serta penyakit serius lainnya. Ceramah kesehatan yang dilakukan oleh PT Semen Gresik (Persero) Tbk selama tahun 2009, diantaranya mengenai dysiplidemia dan hipertensi, yang diikuti oleh lebih dari 100 orang di setiap acara. Penyelenggaraan ceramah ini diadakan di Gedung Penelitian Semen Gresik, di Gresik dan di Kantor Pusat Semen Gresik, di Tuban. Secara berkala pula, kami melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para pegawai terutama mereka yang bertugas di bagian lapangan dan produksi. Pemeriksaan berkala ditujukan untuk deteksi dini terhadap peluang terjadinya penyakit, dan terhadap pegawai yang diidentifikasi mengalami gejala terjangkit penyakit tertentu. Kami juga memastikan lingkungan kerja selalu dalam keadaan bersih dan sehat, sehingga memperkecil peluang terjangkitnya penyakit berbahaya. Hal yang sama juga kami laksanakan di tempat tinggal dan pemukiman milik keluarga pegawai.

Corporate Social Responsibility (Society)

  1. Bantuan pengembangan sarana & prasarana umum oleh Semen Gresik yang berasal dari dana penyisihan eks laba perusahaan sampai akhir tahun 2009 sebesar Rp. 239,27 juta. Sedangkan yang berasal dari anggaran perusahaan yang telah dibiayakan (TJSL) sebesar Rp. 8,32 milyar. Bantuan ini meliputi terealisasi rumah-rumah penduduk desa, rehabilitasi gedung sekolah, pembangunan peningkatan jalan desa, pembuatan saluran drainase, pemasangan instalasi dan penerangan di Kecamatan Glondong Gede, dan pembangunan hutan kota di wilayah Tuban.
  2. Bantuan sarana Ibadah yang disalurkan oleh Semen Gresik selama tahun 2009 terealisir sebesar Rp. 1,19 milyar, meliputi pembangunan masjid / mushola, pemberian santunan untuk anak yatim, kegiatan buka bersama dan pemberian bingkisan/sembako untuk fakir miskin selama bulan ramadhan dan hari raya Idul Fitri, bantuan hewan qurban, dan kegiatan nikah masal.
  3. Bantuan pendidikan dan atau pelatihan yang disalurkan oleh Semen Gresik selama Tahun 2009 sebesar Rp. 2,87 milyar. Bantuan ini meliputi kegiatan pelatihan informasi teknologi, pelatihan dan pendampingan budi daya tanaman jarak, diklat teknisi sepeda motor, diklat guru-guru TPQ, diklat produksi kue bagi alumni ponpes. Termasuk juga pelatihan batik tulis Tuban, anyaman bambu, pelatihan menjahit dan pembuatan gerabah, kegiatan seminar pembelajaran agama, pengadaan peralatan & perlengkapan sekolah, bantuan siswa rawan putus sekolah, serta kegiatan pembagian beasiswa SG Peduli di Kabupaten Gresik dan Tuban.
  4. Bantuan korban bencana alam yang disalurkan oleh Semen Gresik selama tahun 2009 berjumlah Rp. 1,727 milyar meliputi bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, seperti bencana banjir di Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Gresik, Kotamadya Surabaya dan bencana gempa Sumbar.

http://theresiahestik.wordpress.com/2011/11/08/corporate-social-responsibility-csr-pt-semen-gresik-persero-tbk/

Cotporate Social Responsibility (Costumer)

KEBOMAS – Pasar Jawa Timur masih didominasi oleh produk PT Semen Gresik (Persero) Tbk, yakni sekitar 70 persen. Untuk mempertahankan market share tersebut, SG berusaha memperkuat loyalitas dan awarnes pelanggan dan konsumen melalui penguatan brand semen.

“Posisi market share kami hingga triwulan pertama 2011 ini, masih tetap mayoritas yakni 70 persen dibanding produk lain. Kami akan terus berusaha meningkatkan penguasaan pasar,” kata Kepala Devisi Penjualan PT Semen Gresik (Persero) Tbk Teddy B Setiadi di sela-sela acara Hujan Rejeki Semen Gresik Area I yang digelar di Pusat Pelatihan Semen (PPS), kemarin.

Kepala Devisi Pengembangan Pemasaran Bambang Djoko menambahkan, salah satu yang saat ini digelar adalah program Hujan Rejeki Semen Gresik. Yaitu program bagi pengguna serta undian untuk pemilik toko. Tentunya dengan menyediakan berbagai hadiah mulai motor, handphone hingga ratusan doorprize. “Tujuannya untuk mempertahnkan dan mengikat loyalitas para tukang pengguna produk kami. Sehingga mereka tetap cinta dan membutuhkan produk kami,” ujarnya.

TANGGAPAN

Menurut saya, dengan adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan kegiatan sosial yang sangat bagus untuk bagi para karyawan dan lingkungan sekitar. Pertahankan kegiatan sosial seperti ini di setiap tahunnya dan tingkatkan lagi kepedulian sosial terhadap lingkungan sosial agar masyarakat lebih nyaman dan lebih percaya dalam menggunakan produk perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: